Article

RFID SKIMMING

Category: article

Akhir-akhir ini, banyak kartu kredit yang dilengkapi dengan chip RFID untuk memudahkan penggunanya. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai RFID dan pencurian data digital pada kartu kredit yang dilengkapi dengan chip RFID.

Apa itu RFID?

RFID (Radio Frequency Identification) adalah istilah umum untuk teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk secara otomatis mengidentifikasi orang atau benda. Ada beberapa metode identifikasi, tetapi yang paling umum adalah untuk menyimpan nomor seri yang mengidentifikasi orang atau benda, dan mungkin informasi lainnya, pada microchip yang terpasang pada antena (chip dan antena bersama-sama disebut transponder RFID atau tag RFID). Antena memungkinkan chip untuk mengirimkan informasi identifikasi untuk pembaca. Pembaca mengubah gelombang radio dipantulkan kembali dari tag RFID menjadi informasi digital yang kemudian dapat diteruskan ke komputer yang dapat memanfaatkannya. (Dapat dilihat pada gambar terlampir tentang "How RFID Works")

 

RFID SKIMMING

Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti di Massachusetts berhasil menemukan sebuah alat sederhana untuk membaca data pada chip RFID kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit yang dilengkapi dengan chip RFID, pengguna hanya perlu melakukan “tap and go” saat melakukan pembayaran, karena informasi dikirimkan secara wireless. Hal yang dikhawatirkan adalah data yang dikirimkan secara wireless mudah diakses/dihadang dari luar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan alat sebesar handphone, penghadang tersebut bisa mendapatkan data tentang nama, nomor kartu kredit, dan tanggal kadaluarsa dari kartu kredit Anda dan kemudian mereka gunakan untuk menggandakan kartu kredit.

Sumber: money.howstuffworks.com; www.prweb.com; en.wikipedia.org; armourcard.com.au